Jumat, 30 Desember 2011

Halley dan Newton

Setiap orang tahu penemuan Isaac Newton yang terkenal-hasil dari buah apel yang jatuh-dan bagaimana Newton memperkenalkan hukum gravitasi dan merombak pelajara astronomi secara besar-besaran dan menyeluruh.
Namun,hanya sedikit yang tahu bahwa jika bukan karena Edmund Halley, dunia tidak akan pernah mendengar tentang Newton. Halley adalah orang yang menentang Newton untuk memikirkan teori-teori awalnya secara menyeluruh. Dia memperbaiki kesalahan matematis Newton dan mempersiapkan angka-angka geometris untuk keraguan Newton untuk menulis karya besarnya yaitu "Mathematical Principles of Natural Philosophy". Halley-lah yang menyuting dan mengawasi publikasinya, membiayai percetakannya walaupun Newton lebih kaya dan lebih mampu.
Para ahli sejarah menyebutkan hubungan Halley dan Newton sebagai satu contoh hubungan paling tidak egois dalam dunia ilmu pengetahuan. Newton nyaris mulai memetik imbalan-imbalan karena keterkenalannya; sedangkan Halley hanya mendapat sedikit pujian. Dia betul-betul menggunakan prinsip-prinsip yang digunakan Newton untuk meramal orbit dan kembalinya komet yang kemudian disebut dengan namanya, namun karena komet Halley hanya terlihat 76 tahun sekali, hanya sedikit orang yang mengenal namanya.
Namun, Halley tidak peduli siapa yang akan dipuji sepanjang itu demi kemajuan ilmu pengetahuan.Dia puas untuk hidup tanpa popularitas.
Terkadang penghargaan dari apa yang kita kerjakan melebihi pengakuan yang kita anggap selayaknya kita miliki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar